Cara Praktis Mengubah Keluhan Pelanggan Menjadi Keuntungan Perusahaan

Mengubah Keluhan Pelanggan Menjadi Keuntungan Perusahaan

Mengeluh adalah sesuatu yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja dipermukaan bumi ini. Mengeluh juga sudah menjadi kebiasaan yang cukup sulit untuk dihindari oleh para pelakunya. Pertanyaannya adalah, jikalau mengeluh itu begitu mudah, lalu bagaimana cara untuk menghadapinya, lalu bagaimana pula kita bisa Mengubah Keluhan Pelanggan Menjadi Keuntungan Perusahaan ???

Dan inilah cara praktis mengubah keluhan pelanggan menjadi keuntungan perusahaan, yaitu dalam dunia usaha, keluhan atau komplain sering kali dianggap sebagai hal yang bersifat negatif, sehingga harus dihindari. Banyak pelanggan yang menyampaikan keluhan, namun kerap diabaikan, sehingga berdampak buruk bagi perusahaan, karena pelanggan menjadi marah karena keluhannya diabaikan.

Namun ada juga perusahaan yang melihat keluhan dari sisi lain, dan menganggap keluhan memiliki nilai positif yang bisa menguntungkan perusahaan, karena dianggap sebagai Buying Signal atau Sinyal Membeli. Sehingga setiap pelanggan yang datang dengan keluhan, akan dilayani dengan sebaik mungkin, hingga pelanggan tersebut bisa menemukan solusi atau jawaban atas keluhan yang disampaikannya.

Dengan demikian, apabila kita berhasil mengelola keluhan tersebut dengan langkah yang tepat dan benar, maka dampak positifnya terhadap perusahaan akan menjadi luarbiasa, antara lain bisa menghasilkan semakin banyak pemasukan berupa dana cash atau keuntungan (profit) perusahaan akan semakin bertambah.

Hal ini dikarenakan, perusahaan sudah mengubah secara tidak langsung sebuah keluhan menjadi pintu masuk keuntungan. Sebab seburuk apapun keluhan yang datang, tetap akan membawa dampak positif bagi bisnis perusahaan, dan itulah yang di sebut sebagai Value Of Complaint.

Salah satu ujung tombak perusahaan dalam menghadapi keluhan yang datang dari customer atau pelanggan adalah karyawan perusahaan yang ditempatkan sebagai Customer Service. Di mana customer service ini adalah orang-orang yang harus memiliki ketrampilan dalam menangani keluhan dengan sebaik mungkin. Penempatan karyawan sebagai customer service ini janganlah dipandang remeh, sebab jika salah dalam menempatkan customer service, maka akan berdampak pada penanganan keluhan yang salah, sehingga efeknya akan menjadi bersifat negative terhadap perusahaan.

Customer Service harus bisa dan siap menghadapi keluhan apa saja yang datang, mulai dari cara memahami apa saja penyebab keluhan, jenis-jenis keluhan hingga penanganannya secara mendetail. Memang, kerap kali keluhan pelanggan dianggap sebagai hal yang membosankan bahkan menyebalkan. Namun dengan merubah pola pikir dan cara pandang kita terhadap keluhan pelanggan, maka hal itu akan berdampak positif dan sangat menguntungkan bagi perusahaan kita.

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan pelanggan, sebab kesuksesan perusahaan juga didukung oleh kehadiran para pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi. Tanpa pelanggan, maka sebuah perusahaan akan tidak berarti apa-apa.

Dengan mengubah cara kita dalam menghadapi dan mengatasi keluhan pelanggan secara positif, maka secara tidak langsung kita telah membuka pintu-pintu keuntungan bagi perusahaan kita, dan itu adalah cara yang sangat sederhana.

Keep Happy Blogging Always, selamat berkarya, salam santun dan sukses selalu dari saya “Hariyanto Wijoyo” di Makassar :-)

0 komentar :

 
Solusi Bisnis Manajemen © 2012 | Designed by Bubble Shooter , in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions